Types of Everyday Plastics That We Should Recycle

Feb 10, 2022

Types of Everyday Plastics That We Should Recycle

Seperti yang sudah kita tahu, plastik adalah komponen penting untuk menjadi barang yang sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari kita, mulai dari makanan dan minuman, sampai ke kebutuhan rumah tangga. Plastik sering sekali digunakan untuk menjadi kemasan handal karena harga yang terjangkau, tapi nyatanya penanganan plastik-plastik yang sudah digunakan masih harus ditekankan lagi.

Untuk itu, kita harus tahu jenis-jenis plastik tersebut karena diantaranya ada yang dapat didaur ulang dengan mudah, namun ada juga yang memakan waktu proses khusus dalam mendaur ulangnya agar kita bisa lebih bijak dalam plastik yang kita konsumsi. Kalau kita belanja di supermarket, sering sekali kita temui kode segitiga di kemasannya. Yuk kenali jenis kodenya agar kita bisa lebih tahu cara penanganannya!

PET (Polyethylene Terephthalate)


Jenis ini sering sekali kita jumpai dalam bentuk kemasan makanan dan minuman karena kuat namun ringan, tahan pecah, serta kemampuannya untuk melindungi isi dan mencegah kerusakannya dari oksigen.

Namun, selama kita mengonsumsi minuman dari botol PET, kita harus menjaganya dari suhu panas, seperti menginggalkan botol minum di mobil yang panas atau membiarkan botol tersebut terpapar dari sinar matahari. Karena jenis plastik ini mengandung antimoni trioksida yang mampu menyebabkan kanker pada jaringan tubuh. Maka dari itu botol jenis PET dibuat hanya untuk penggunaan sekali pakai.

HDPE (High-Density Polyethlene)


Jenis plastik HDPE tergolong kuat dan tahan terhadap kelembaban dan bahan kimia, maka dari itu sering kita temukan kemasan jenis HDPE untuk cairan deterjen, perawatan tubuh, kebersihan, cairan pewangi, dan lain-lain.

Walaupun HDPE relatif lebih kuat daripada PET, jenis HDPE mengangung nonifenol. Jika kita terlalu sering menggunakan kembali kemasan jenis ini dapat mempengaruhi sistem endorkin tubuh yang mengontrol hormon kita.

PP (Polypropylene)


Jenis ini termasuk plastik yang paling tahan lama dan cukup fleksibel. Kualitas kekuatan jenis plastik ini berada di antara LDPE (Low-Density Polyethylene) dan HDPE (High-Density Polyethlene), dan termasuk tipe plastik yang tergolong aman dari plastik lainnya.

Namun, Phtalates adalah jenis kimia yang digunakan untuk plastik PP dan kandungannya terbukti dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti asma, ketidakseimbangan hormon, dan permasalahan sistem reproduksi.

Itulah jenis-jenis plastik yang kita sering temukan di kode segitiga kemasan, dan penting bagi kita untuk tahu jenis-jenis ini agar kita bisa memilah sampah kita sebelum diberikan ke Pelestari agar mempermudah pusat daur ulang untuk mendaur ulang kembali sampah kita menjadi barang yang lebih berharga. Karena semakin kita sering menggunakan kembali kemasan plastik untuk menyimpan cairan baru, semakin mudah plastik untuk terkontaminasi dan akan ditolak untuk daur ulang.