Reuse Your Food Waste

Feb 02, 2022

Reuse Your Food Waste

Untuk menjadi diri yang produktif, makan sudah menjadi nomor satu kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas baik itu dalam bentuk makanan yang penuh gizi dan jenis makanan yang bisa meningkatkan mood kita. Dengan menginjak dua tahun masa pandemi, tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan pun semakin tinggi. Membuat kita menilai kembali gaya hidup yang mungkin dulu sudah kita kira cukup sehat, dan lagi-lagi kembali pada sumber utama dalam menjaga tubuh agar tetap sehat yaitu asupan makanan. Dengan keterbatasan kita dalam melakukan berbagai aktivitas diluar, sebisa mungkin kita bisa melakukan segalanya dari rumah, Mulai dari bekerja, sampai menyiapkan makanan sendiri untuk meminimalisir kontak dengan orang dari luar.

 

Tapi, pernahkah kita sadar kemana larinya sisa bahan makanan dari makanan yang kita olah? mungkin kita kira karena bahan makanan termasuk dalam sampah organik, mereka tergolong cepat terurai selama kita buang pada tempatnya. Sayangnya, pengelolaan sampah organik masih tergolong buruk, dan komposisi sampah di TPA Indonesia masih didominasi oleh sampah organik. Dampak yang diberikan sangat buruk bagi lingkungan, mengakibatkan pemanasan global yang dapat mempengaruhi perubahan iklim. Hal ini dikarenakan gas yang terbentuk dari sampah organik yang membusuk, yaitu gas metana yang lebih kuat daripada karbon dioksida.

 

Terus gimana sih supaya kita bisa mencegahnya dari rumah? kalau kalian belum tahu, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan kembali sisa makanan yang dapat memberikan alternatif untuk kebutuhan lainnya.

 

Kaldu Sayur
Daripada langsung dibuang tangkai dan kulit sayur, kamu bisa kumpulkan sisanya untuk direbus menjadi kaldu sayur yang bisa kamu gunakan untuk resep sop atau makanan lainnya yang menggunakan kaldu. Jika sisa sayur masih sedikit, kamu bisa simpan di freezer sambil isi kotaknya sampai cukup untuk bisa diolah menjadi kaldu.

 

Ampas kopi

Memanggil pecinta kopi nih! yang suka banget buat kopi sendiri dirumah, kamu bisa memanfaatkan ampas kopinya menjadi pupuk untuk ditaburkan ditanamanmu. Kopi bubuk terkenal akan kaya manfaatnya untuk mengoptimalkan keseimbangan cairan di tanamanmu.

 

Kulit Pisang
Pisang termasuk salah satu jenis buah yang dapat menjaga kesehatan pencernaan kita. Namun, ternyata kulit pisang yang memiliki banyak nutrisi seperti potassium, magnesium dan phosporus yang menjadi kunci untuk pertumbuhan tanamanmu! cukup rendam kulit pisang didalam air, diamkan maksimal 48 jam, dan air fermentasi kulit pisang siap digunakan untuk menyuburkan tanamanmu.

 

Kompos
Ingin mengelola sisa makanan lebih kreatif? kamu bisa mulai belajar mengompos! siapkan wadah kompos dan campurkan sisa sayur dan kulit buah dengan tanah, dedaunan kering, dan sekam. Jangan lupa untuk mengaduk campuran komposmu setiap harinya. Kompos akan siap digunakan saat melalui proses pematangan 4-6 minggu dan tidak muncul bau.

 

Kita harus bisa lebih bertanggung jawab dengan sampah yang kita hasilkan, dan kita bisa mulai melakukan aksi mencegah kemungkinan produksi gas metana kedepannya dengan mengaplikasikan pengelolaan sampah organik yang tepat demi menyelamatkan lingkungan kita.